ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Jumat, 29 Juni 2012

Mengetahui Maskot-maskot Piala Eropa dari tahun 1980 hingga sekarang


Sebenarnya Piala Eropa dimulai dari tahun 1960 dengan tuan rumah Perancis. Tapi baru pada tahun 1980, Italy membuat suatu gebrakan untuk merepresentasikan Piala Eropa dengan ide membuat sebuah ikon berbentuk maskot sebagai ciri khas gelaran 4 tahunan itu. Maka pada tahun-tahun berikutnya. Penggunaan maskot menjadi hal yang serasa wajib bagi tuan rumah. berikut maskot-maskot piala eropa dari tahun 1980 hingga sekarang.

Euro 1980 Italy : Pinocchiio
Maskot pertama piala Eropa.Sesuai namanya, maskot ini memiliki hidung yang panjang bergambar bendera tricolor Italia dan berbadan kayu. Pemilihan karakter itu Mungkin memang benar-benar terinspirasi dari kisah dongeng pinocchio..Memakai topi kertas putih berbentuk mirip kapal-kapalan bertuliskan Europa 80.
Euro 1984 France : Peno
Peno berbentuk ayam jantan,.Seekor ayam jantan yang mewakili simbol dari Perancis sebagai negara tuan rumah sekaligus julukan mereka. Peno memakai jersey tim nasional Perancis, kemeja biru, celana pendek putih dan kaus kaki berwarna merah. Ia juga mengenakan sarung tangan putih dan sepatu hitam. Nomor 84 di dada kiri menandakan tahun pagelaran diadakan

Euro 1988 Germany : Berni
Berni. Berbentuk kelinci yang sedang menendang bola. Memakai pakaian bertranmark bendera Jerman. T-shirt hitam dan celana merah. Juga ikat kepala putih dan gelang putih di kedua tangannya.Di kaosnya tertulis Euro 88.

Euro 1992 Sweden : Rabbit
Masih menggunakan karakter kelinci. Dengan kaos kuning khas swedia yang dipermanis garis biru pada kerah dan ujung kedua tangan serta celana pendek biru dan kaus kaki kuning dengan strip biru adalah atribut Rabbit.

Euro 1996 England : Goliath
Goliath adalah seekor singa. Terinspirasi dari lambang 3 singa atau The Three Lion di jersey Inggris sebagai tuan rumah. Symbol kebanggaan timnas inggris sekaligus julukan khas mereka. Goliath mengenakan kaos putih dan celana biru angkatan laut dan memegang bola ditangan kanannya.

Euro 2000 Belgium and Netherland : Berielucky
Karakter ini merupakan setan singa. Memiliki tanduk dengan rambut singa berwarna gabungan antara bendera Belgia dan Belanda, membawa bola bertuliskan EURO 2000. nama benelucky dipilih dengan alasan agar semua Negara yang berpartisipasi mendapatkan keberuntungan yang terbaik di Euro 2000.

Euro 2004 Portugal : Kinas
maskot di euro 2004 sedikit khas karena yang muncul bukan binatang seperti sebelumnya tapi seorang anak yang bernama Kinas. mengenakan kaus tim nasional Portugal dengan kaos merah khas portugal dan celana pendek hijau. Kinas diambil dari kata Quinas, salah satu simbol dari bendera nasional Portugal.

Euro 2008 Austria and Switzerland : Trix and Flix
maskot kembar pertama di euro, trix berbaju putih bertuliskan angka 20 di dada dengan celana pendek merah. flix berkaus merah bertuliskan angka 08 dengan celana putih, pemilihan warna tersebut diinspirasi dari warna nasional dua host. Nama-nama itu dipilih setelah pemungutan suara dari masyarakat dari dua negara tuan rumah.Para maskot diciptakan oleh Warner Bros Consumer Products.

Euro 2012 Poland and Ukraine : Slavek and Slavko
Euro 2012 ini terdiri dari dua maskot yang bercirikan bendera tuan rumah. Slavek dengan jersey putih dengan garis merah di kerah dan kedua tangan dengan nomor 20 di dada dan memakai celana putih mewakili Polandia sedangkan Slavko memakai kaos kuning dengan aksen biru di kerah dan kedua tangan dengan nomor 12 di dada dan celana kuning mewakili Ukraina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar