ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Jumat, 29 Juni 2012

Gawat! Jersey Tim Piala Eropa Mengandung Racun

Kabar buruk datang menimpa sebagian besar negara yang berlaga di Piala Eropa 2012. Kostum yang mereka kenakan diduga kuat terkontaminasi racun.

Sebagaimana dilansir The Sun, setelah dilakukan penelitian, lambang Timnas dari sembilan negara, yakni Polandia, Spanyol, Jerman, Rusia, Ukraina, Italia, Prancis, Belanda, dan Portugal mengandung racun dalam tahap mengkhawatirkan.

Bahan timbal juga ditemukan dalam lambang enam negara, yakni Spanyol, Jerman, Ukraina, Rusia, Prancis, dan Italia. Bahkan, bahan timbal yang ditemukan dalam lambang negara Spanyol dan Jerman berada dalam tahap membahayakan jika sampai digunakan oleh anak-anak.

Hal itu diungkap oleh BEUC, kelompok yang mewakili semua organisasi konsumen nasional di Uni Eropa. BEUC juga meminta kostum negara tersebut tidak boleh dipergunakan di ajang Piala Eropa nanti.

"Kostum Timans Polandia harus segera ditarik dari pasaran karena mengandung senyawa kimia organotin, yang digunakan untuk mencegah bau keringat dalam dosis melebihi batas hukum. Organotin bisa menjadi racun bagi sistem saraf," ujar Direktur Umum BEUC, Monique Goyens.

"Pendukung sepakbola membayar hingga lebih dari 90 euro untuk jersey tim nasional favorit mereka. Mereka seharusnya mendapatkan produk dengan kaulitas bagis dan aman," sambungnya.

"Sangat tidak masuk akal bagaimana bahan metal berat bisa digunakan untuk produk konsumen. Ini semua tentunya adalah kesalahan produsen karena menggunakan bahan-bahan berbahaya bagi manusia dan lingkungan."

Bahan kimia lainnya, yakni nonylphenol, yang terbukti sangat dilarang jika tercampur dengan air karena dapat merusak lingkungan juga ditemukan di jersey Timnas Spanyol dan Italia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar