ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Senin, 18 Juni 2012

Cara Mudah Membuat Situs Jejaring Sosial Sendiri

Tips dan Trik Tutorial Cara Mudah Membuat Situs Jejaring Sosial Sendiri - Ada begitu banyak situs jejaring sosial yang begitu populer diinternet saat ini, seperti facebook , twitter dsb.

Jika anda ingin mencoba membuat sebuah website yang memiliki peran layaknya situs jejaring sosial yang ada saat ini , barangkali anda perlu mencoba beberapa langkah-langkah mudah untuk membuat situs jejaring sosial sendiri gratis seperti berikut ini, yang anda perlukan hanyalah hosting gratis untuk mengupload beberapa script nantinya, untuk mendapatkan layanan web hosting gratis dengan PHP, MySQL, space 2000 MB, bandwidth 100 GB dan domain gratis anda bisa mengunjungi www.idhostinger.com

Baiklan kita langsung mulai tutorial cara Membuat Situs Jejaring Sosial Sendiri yang pertama.
Yang pertama adalah dengan menggunakan Jcow
 
Jcow menyediakan CMS situs jejaring sosial, selain ada versi berbayar mereka juga mempunyai versi free. Kali ini saya menggunakan versi free “gratisan”.

Langkah pertama yang harus kita persiapkan adalah
Pertama kita harus punya dulu script CMS Jcow (Download aja DISINI).
Lalu kita butuh juga script Theme Facebook untuk Jcow (Download DISINI).

Selanjutnya, siapkan file CMS tersebut untuk di Upload ke hosting kamu (bisa juga ke hosting gratisan).

  • Login ke hoting anda. 
  • Klik File Manager
  • Upload foldernya di Public_html.
  • Silakan upload Foldernya di Link Upload.
  • Klik Browse Untuk memilih folder yang akan di upload.
  • Tunggu proses upload hingga selesai.
  • Bila telah selesai uploadnya, silakan back to home
  • Nanti anda akan kembali ke File Manager. Kemudian Extract Filenya dengan cara klik Extract seperti di bawah ini. 

  • Dan muncullah file-filenya. 
Setelah file Jcow terupload, lanjutkan dengan mengupload file Theme Facebook.
Upload-lah file theme Facebook tersebut ke folder Theme. (disana sudah ada theme Default, biarkan saja, jangan dihapus).

Sekarang kita buat databasenya. 

Caranya kembali ke home hosting anda. Masuk ke Mysql Database




Buat di New Database. Current Databases, MySQL Users, Add User To Database.  (Bagi yang sudah biasa nge-blog dengan Wordpress self host pasti sudah paham dengan ini), sedangkan bagi yang belum paham lebih jelasnya tanya ke webhosting anda masing-masing bagaimana cara membuat Database.


Setelah itu, lanjutkan dengan proses Installasi.


Buka link installasi situs kamu (misal http://www.situs-jcow-kamu.com/install.php).

Nanti akan muncul seperti ini

img
 
Anda akan melihat form instalasi. 
Isi bagian yang kosong. Lengkapi semua form-nya.
Perhatikan bahwa Jcow tidak akan membuat database secara otomatis, jadi sebelum Anda mengisi form, Anda harus memastikan bahwa database telah dibuat. (Isi dengan database yang sudah kamu buat setelah upload file tadi (sesuai data sql hosting kamu).

Setelah semuanya diisi lengkap, lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Sebagai admin kamu dapat langsung login (Dengan Username : admin) dan Password terserah kamu mau bikin password apa.
Setelah masuk, kamu dapat melihat link "Admin CP" di sidebar. Klik saja dan kamu akan masuk ke admin panel.

Nah dari Admin panel kamu dapat mulai memodifikasi tampilan situs jejaring sosial baru kamu.
Agar mirip Facebook silahkan kamu aktifkan Theme Facebook yang sudah kamu upload di tempat hosting tadi. Caranya, dari bagian Admin Panel kamu klik Theme, lalu pilih Theme Facebook, dan klik Aktifkan.
Selanjutnya terserah kamu mau memodifikasi bagian mana lagi.

Misal, kamu ingin menambah/mengurangi batasan jumlah karakter status situs jejaring sosial Jcow
Silahkan saja bereksperiment dengan situs jejaring sosial baru kamu. 
langkah Pertama
Siapkan terlebih dahulu hosting dimana anda akan mengupload script tersebut. Bilamana anda akan serius membuat situs jejaring sosial silahkan anda gunakan domain dan hosting yang profsional harganya pun tidak mahal silahkan saya sarankan anda order di indonix
Setelah domain dan hosting anda siap di gunakan silahkan anda mendownload script situs jejaring sosial yang bernama Sharetronix.
Sekilas tentang Sharetronix
Sharetronix adalah Microblogging yang telah menempatkan dirinya sebagai cara cepat dan mudah untuk membuat semua orang di komunitas Anda berkomunikasi . Anggota masyarakat juga menggunakan microblogging untuk berkolaborasi pada topik yang berbeda atau proyek.
Sharetronix menawarkan solusi microbloging paling maju di pasar. Sistem ini benar-benar aman di belakang firewall, sangat mudah untuk menginstal dan memelihara, dan itu sangat disesuaikan dan user-friendly
Sharetronix Features Overview
User Profiles
Setiap pengguna Sharetronix memiliki profil kustom dengan informasi pribadi rinci, ditambah aktivitas jaringan mereka, kelompok, tag pribadi dan banyak lagi.
Status Updates
Setiap anggota jaringan dapat memposting unlimited update status pendek, ajukan pertanyaan, media berbagi dan banyak lagi. Sharetronix supports link, video, image and file attachments with posts. Sharetronix mendukung lampiran link, video, gambar dan file dengan posting.
Real-Time Dashboard Real-Time Dashboard
Pada dashboard platform, pengguna dapat mengikuti semua pembaruan dari koneksi jaringan mereka secara real time. Users can also see who’s online, currently trending post tags and more. Pengguna juga dapat melihat siapa yang online, saat ini tren tag posting dan banyak lagi.
Groups Groups
kelompok swasta atau terbuka Buat terbatas untuk mengatur konten Anda dan membuatnya lebih mudah bagi semua orang untuk mengikuti topik dan percakapan. Users with similar interests can connect with each other in groups. Pengguna dengan minat yang sama dapat terhubung dengan satu sama lain dalam kelompok.
Multimedia
Sharetronix mengambil micro-blogging di luar teks sederhana. You can attach links, pictures, videos and other files to your posts. Anda dapat melampirkan link, gambar, video dan file lain untuk posting Anda. Multimedia attachments make your network more attractive and more interactive, and therefore more engaging for users. lampiran multimedia membuat jaringan Anda lebih menarik dan lebih interaktif, dan karena itu lebih menarik bagi pengguna.
Business Card Business Card ( Baru )
Fitur Business Card memungkinkan Anda untuk dengan cepat terhubung dengan dan belajar tentang anggota hanya dengan memegang mouse di atas nama pengguna mereka. A user’s Business Card displays their groups, and allows you to follow, private message, or create a public post directed at (@) that user. Seorang pengguna Bisnis Kartu menampilkan kelompok-kelompok mereka, dan memungkinkan Anda untuk mengikuti, pesan pribadi, atau membuat sebuah posting publik diarahkan pada (@) bahwa pengguna.
Content Tagging
pesan Tag Anda dengan hashtags untuk membuat mereka mudah dicari. Users can also save their favorite tags to be easily accessed from their personal dashboard at any time. Pengguna juga dapat menyimpan tag favorit mereka untuk dapat dengan mudah diakses dari dashboard pribadi mereka setiap saat.
Search Center
Anda dapat dengan mudah mencari pesan, komentar, pengguna dan kelompok menggunakan filter pencarian lanjutan. Any search can be saved for quick future access. Setiap pencarian dapat disimpan untuk akses cepat di masa mendatang.
Real-Time RSS Aggregation
Otomatis mengimpor konten dari RSS / Atom feed ke profil Anda atau kelompok. Imported feeds can be filtered, so only the interesting stories get published in your network. Impor feed bisa disaring, sehingga hanya cerita yang menarik bisa diterbitkan di jaringan anda. Real-time aggregation based on the PubSubHubBub protocol. Real-time agregasi berdasarkan protokol PubSubHubbub.
Twitter Feed Import ( Baru )
Menerima teman Anda ‘Twitter RSS feed di Sharetronix. You can also filter them so only topics that interest you will be published in your network. Anda juga dapat menyaring mereka sehingga hanya topik yang Anda minati akan dipublikasikan di jaringan anda.
Integrations
Facebook & Twitter integrasi untuk pendaftaran mudah dan login. Users are able to share each public post to Facebook, Twitter, Google Buzz, and Delicious. Pengguna dapat berbagi setiap posting publik ke Facebook, Twitter, Google Buzz, dan Delicious.
Mobile Version
jaringan Anda mikro-sosial sekarang pas di saku Anda. Our simplified mobile version makes it easy for your network’s users to stay in touch with each other any time, anywhere. disederhanakan versi mobile kami membuatnya mudah bagi pengguna jaringan Anda untuk tetap berhubungan satu sama lain kapan saja, di mana saja.
Themes & customization
Sharetronix memiliki tema mesin canggih. You can choose from 5 built-in themes or design your own theme. Anda dapat memilih dari 5 built-in tema atau desain tema Anda sendiri.
Reshare messages ( Baru )
Sharetronix memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyebarkan konten menarik dengan resharing posting pengguna lain untuk pengikut mereka.
API (Twitter-compatible) ( Baru )
Sharetronix sekarang termasuk API untuk pengembang yang kompatibel dengan aplikasi yang sudah ada yang dirancang untuk API Twitter. You can use third party Apps which support custom Twitter-compatible APIs. Anda dapat menggunakan Aplikasi pihak ketiga yang mendukung API Twitter-kompatibel kustom.
LDAP Integration ( Baru )
Hubungkan perusahaan Anda LDAP dengan situs Sharetronix Anda dan pengguna akan dapat login dengan account yang sudah ada mereka LDAP.
SEO Friendly
Sharetronix SEO dioptimalkan dan konten anda akan mudah diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya. The front-end code is written according to the latest standards. Kode front-end ditulis sesuai dengan standar terbaru.
Administration
Dengan panel administrasi Sharetronix kuat Anda dapat menyetel jaringan Anda seperti yang Anda inginkan. You can easily manage all your settings, users, groups and content from one place. Anda dapat dengan mudah dapat mengelola semua setting Anda, pengguna, kelompok dan konten dari satu tempat.
Statistics
Our advanced stats module allows Sharetronix administrators to measure the activity as well as the growth of their communities. modul statistik lanjutan kami memungkinkan Sharetronix administrator untuk mengukur aktivitas serta pertumbuhan komunitas mereka.
System Requirements
Apache HTTP Server
Apache mod_rewrite module
MySQL – version 5.0 or higher
PHP – version 5.2 or higher
PHP Curl library
PHP GD library
Petunjuk Instalasi
1. Pastikan jika webserver Anda kompatibel dengan perangkat lunak Persyaratan Sistem.
2. Download Source Code Sharetronix ( Pilih yang free ).
3. Ekstrak file dari arsip ZIP.
4. Meng-upload isi dari “upload /” folder ke lokasi pilihan pada webserver Anda (mana pun Anda inginkan untuk menginstal script kami) dengan klien FTP favorit Anda.
5. Buat database MySQL kosong dan tambahkan hak pengguna (SEMUA PRIVILEGES) ke database.
6. Buka “install /” lokasi dengan browser Anda dan ikuti langkah-langkah:
* Setuju untuk Sharetronix License.
* Isi informasi tentang database – host mysql, username, password, nama database.
* Sistem Kompatibilitas Periksa: jika ada dependensi, benar mereka untuk melanjutkan.
* Pilih Mekanisme Cache. Jika Anda memiliki hak akses administratif pada server Web Anda, kami sangat menganjurkan anda untuk menginstal memcached atau APC. Jika tidak, Anda dapat memilih untuk menggunakan cache filesystem atau meja MySQL memori.
* File & Folder Permissions. Gunakan klien FTP untuk mengatur hak akses (chmod) 0777 ke file yang terdaftar dan folder.
* Isi judul dan url dari instalasi anda.
* Membuat account administratif. Akun ini berikut semua orang dan diikuti oleh semua orang secara default. Admin juga memiliki hak akses untuk menghapus tulisan.
* Instalasi selesai. Anda harus menghapus “install /” folder dan isinya
Selamat mencoba membuat situs jejaring sosial sendiri secara gratis,, semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda

sumber : disini dan disini
Bayu Ardiyanto Review Rating: 95 out of 100 based on3115201 reviews.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar