ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Jumat, 29 Juni 2012

Maskot Piala Dunia dari tahun 1966-2010


World Cup atau yang dalam bahasa Indonesianya Piala Dunia ini digelar setiap 4 tahun sekali untuk menentukan negara manakah yang paling terbaik dalam olahraga sepak bolanya.
Namun, maskot piala dunia dimulai pada tahun 1966 di Inggris lalu diikuti oleh negara lainnya sampai sekarang dengan ciri khas dari negara-negara tuan rumah yang berbeda-beda..

a. tahun 1966, Inggris "Willie"

Seekor singa merupakan tipikal dari kerajaan Inggris, maskot yang diberi nama Willie ini mengenakan kaos Union Jack (bendera Britania Raya) bertuliskan "WORLD CUP", Willie merupakan maskot pertama untuk Piala Dunia.

b. Tahun 1970, Meksiko "Juanito"


Seorang anak laki-laki menjadi maskot Piala Dunia pada tahun 1970 di Meksiko, maskot yang diberi nama Juanito ini mengenakan seragam Meksiko pada tahun itu dan sebuah topiSombrero yang bertuliskan "MEXICO 70". Nama Juanito diambil dari nama Juan sebuah nama umum dari Spanyol, karena memang di Meksiko sebagian besar menggunakan bahasa spanyol dalam kehidupan sehari-harinya.

c. Tahun 1974, Jerman Barat "Tip & Tap"


Dua anak mengenakan seragam Jerman, dengan huruf WM (Weltmeisterschaft) yang berarti World Cup atau Piala Dunia dan angka 74, maskot ini diberi nama Tip & Tap. heemm, mungkin maskot EURO CUP di Denmark & Swiss tahun 2008 ngikutin ini kali yak ? hahahahaha

d. Tahun 1978, Argentina "Gauchito"

Seorang anak laki-laki mengenakan seragam timnas Argentina, maskot yang diberi namaGauchito ini mengenakan topi bertuliskan "ARGENTINA 78", sebuah syal berwarna kuning yang diikat di lehernya dan sebuah cambuk, merupakan ciri khas seorang koboi di daerah Amerika Utara, dan nama Gauchito sendiri diambil dari nama Gaucho yang berarti koboi tersebut. Kereen yaaa kaan..

e. Tahun 1982, Spanyol "Naranjito"

Maskot merupakan ciri khas dari sebuah negara pada Piala Dunia, pada tahun 1982 Spanyol menggunakan buah jeruk sebagai maskotnya karena buah jeruk dianggap sebagai buah-buahan yang mewakili negara Spanyol. Maskot yang diberinama Naranjito ini diambil dari kata Naranja yang berarti jeruk dalam bahasa Spanyol. maskot ini menggunakan kaos Timnas Spanyol. Cukup unik yaa..

f. Tahun 1986, Meksiko "Pique"


Widih, kali ini Meksiko ditunjuk sebagai tuan rumah World Cup lagi, di tahun yang berbeda Meksiko mencoba membuat maskot baru yang di beri nama Pique. Maskot ini di ambil dari ciri khas makanan dari Meksiko yaitu lada jalapeño memakai kumis dan topi sombrero-nya yang merupakan ciri khas dari Meksiko, mungkin kalau dilihat-lihat yaaa seperti paprika hijau atau cabe hijau besar. Namanya berasal dari Picante yang dalam bahasa Spanyol berarti saos atau pedas.

g. Tahun 1990, Italia "Ciao"


Italia menggunakan maskot yang tak lazim, negara ini menggunakan maskot kotak-kotak yang memiliki 3 warna yang melambangkan bendera negara Italia sendiri yang memiliki kepala berbentuk bola. Maskot ini berbentuk stick figure dan diberi nama CiaoCiao sendiri merupakan kata sapaan dalam bahasa Italia.

h. Tahun 1994, Amerika Serikat "Striker"

Seekor anjing yang diberi nama Striker menjadi maskot saat Amerika Serikat menjadi tuan rumah pada Piala Dunia tahun 1994, dia mengenakan seragam timnas Amerika Serikat yang berwarna putih, merah dan biru. Di kaosnya bertuliskan "USA 94".

i. Tahun 1998, Perancis "Footix"

Seekor unggas menjadi maskot dari tuan rumah Piala Dunia tahun 1998, Perancis. didominasi bagian tubuh yang berwarna biru seperti warna kaos seragam timnas Perancis dan bertuliskan "FRANCE 98" di dadanya di beri nama Footix. Namanya diambil dari kataportmanteau dari sepak bola dan akhiran -ix dari Asterix, karena Perancis terkenal dengan cerita Obelix dan Arterix pada waktu itu. Nama lain yang sempat diajukan sebagai nama maskot ini antara lain "Raffy", "Houpi" dan "Gallik".

j. Tahun 2002, Korea & Jepang "Ato, Kaz, dan Nik"


Tahun 2002 Korea & Jepang membuat maskot dengan menarik, 3 buah maskot yang diberi nama Ato, Kaz dan Nik ini diberikan berdasarkan polling lewat internet dan di gerai fastfoodMc DonaldsAto yang berwarna orange adalah pelatih sedangkan Kaz (ungu) dan Nik (biru) adalah para pemain Atmoball (permainan fiksi semacam sepak bola yang dulu pernah ditayangkan di televisi). maskot ini diberi nama The Speriks.

k. Tahun 2006, Jerman "Goleo & Pille"

Jerman kembali menjadi tuan rumah Piala dunia tahun 2006, dan lagi-lagi singa menjadi maskot untuk Piala Dunia. Seekor singa yang mengenakan kaos timnas Jerman dengan tulisan "06" dan tanpa celana ini diberi nama Goleo, nama Goleo diambil dari kata "Goal" dan "Leo" yang berarti singa. Galeo didampingi sebuah bola yang dapat berbicara yang di beri nama PillePille adalah kata sehari-hari untuk menyebut sepak bola.

l. Tahun 2010, Afrika Selatan "Zakumi"

Seekor macan tutul menjadi maskot perhelatan akbar sepak bola tahun 2010. Maskot yang diberi nama Zakumi ini didominasi dengan warna kuning , terdapat totol-totol coklat dan memiliki rambut berwarna hijau. Memakai kaos berwarna putih bertuliskan "SOUTH AFRICA 2010". Zakumi lahir pada tanggal 16 Juni 1994 bertepatan dengan hari hari pemuda di Afrika Selatan, heemm udah lama berarti yaa rencana Afrika selatan jadi tuan rumah Piala Dunia, hehehehe..
Nama Zakumi sendiri berasal dari kata "Za" yang merupakan inisial Afrika Selatan, kan South Africa mungkin kalo Sakumi jadinya jelek makanya diplesetin jadi Zakumi, hahahahaha. Dan "kumi" memiliki arti 10 dalam berbagai bahasa Afrika, kan tahun 2010, yaa kan ?


Tahun 2014 giliran Brazil yang udah memenangkan Piala Dunia sebanyak 5 kali ini menjadi tuan rumahnya, kita tunggu aja gimana gambar maskotnya nanti, hehehehe..
dan menurut kalian kalo Indonesia jadi tuan rumah, kira-kira maskotnya kayak apaan yaaak ????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar