ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Minggu, 02 Oktober 2011

Membuat Koneksi Form Visual Basic


Tutorial Visual Basic koneksi antar form adalah membuat pemanggilan antar form yang berbeda dalam satu project yang sama atau Membuat Koneksi Form Visual Basic. Digunakan untuk pembuatan strukuser login, dan masih banyak lainnya.

Tutorial visual basic ini sebenarnya sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya,hanya saja masih ada beberapa pertanyaan dari bloggers dan teman kampus yang membutuhkannya.
Jadi saja saya buat lebih jelasnya lagi, alias re-post. Hehehe ^,..,^

Sebenernya cara ini sangat simple dalam pengoprasiannya, jikalau kalian sudah mengetahui code dibawah ini. Sedikit logika yang harus kalian pahami untuk memahaminya. Adapun cara ini biasa digunakan dalam pembuatan program yang kompleks, dalam artian program besar. Lebih baik kita mempelajari dari dasar sebelum beranjak ke yang lebih lanjut…okay

Nih permasalahan yang mungkin kalian hadapi dalam pembuatan program Visual Basic:

-kalian diberikan pilihan tugas untuk pembuatan sebuah program perpustakaan, program penjualan, program rumah sakit, program hotel, atau mungkin ada program yang lebih kompleks lagi yang saya tidak bisa saya sebutkan semuanya, yang kesemua itu membutuhkan koneksi database dan ketepatan data antar form yang masih dalam satu project. Dimana kriteria program yang pasti dibutuhkan pada saat pemesanan berlangsung,  dapat tercetak sebuah data yang sama antara form1 sebagai form utama dan form2 sebagai wadah dari form1

- setelah kalian tentukan project apa yang akan kalian ambil, selanjutnya kalian akan membuat sebuah data pada form1 yang didalamnya ada sebuah textbox atau label dengan nama textbox1 atau label1 yang didalamnya berisikan sebuah data yang akan dicetak kedalam textbox atau label pada form2

So?ga perlu bingung.. lihat kode dibawah ini
Kalian hanya perlu menuliskan code ini pada form_load pada form2 untuk Pemanggilan Otomatis pada saat program tersebut dirunning.

Form_load()
‘dibawah ini untuk pemanggilan berupa textbox pada form1
Textbox2.text= form1.textbox1.text
‘dibawah ini untuk pemanggilan berupa label pada form1
Label2.caption=form1.label1.caption
End sub


Inti dari pemanggilan diatas adalah setiap form yang akan dipanggil kedalam form(dalam contoh diatas adalah form2) aktif harus menggunakan kode “form1”(Target pemanggilan) yang akan dilanjutkann dengan “.” Untuk memanggil nama bagian/isi yang terdapat form target, selanjutnya ketikan “.” Lagi Setelah nama bagian/isi form untuk pemanggilan type apa yang akan kalian tentukan, entah itu berupa caption, text atau value.

Waaaahhh ga kerasa dah panjang juga yah, semoga penulisan ini membuat kalian mengerti akan hal penkoneksian antar form.
Apabila masih ada yang kurang mengerti atau tidak paham, silahkan tanyakan di bawah postingan ini.
Tutorial visual basic ini menggunakan Microsoft visual basic enterprise edition 6.0

Sahabat Blogger sekalian, bagikan Informasi menarik ini dan jangan Lupa menuliskan segores Komentar anda, Karena Blog ini DOFOLLOW. Insya Allah Komentator akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar