ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Kamis, 16 Agustus 2012

Yang Menyebabkan Munculnya Tahi Lalat


Yang Menyebabkan Munculnya Tahi Lalat

Munculnya Tahi Lalat http://jadigitu.comTahi lalat, mungkin hampir semuanya memiliki tahi lalat dibagian tubuhnya. Saat masa orang tua kita dulu ,banyak yang meyakini tahi lalat pada bagian tubuh tertentu akan menggambarkan ciri khas atau sifat seseorang. Mitos tersebut juga masih ada hingga sekarang. Tahi lalat dapat muncul sejak lahir ataupun setelah lahir atau semasa hidup. Daripada bingung mengenai hal yang menyebabkan timbulnya tahi lalat. Yuk kita simak ulasan berikut.
Tahi lalat disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan abnormal dari sel-sel pigmen di bawah kulit yang lebih dalam. Orang yang sering berjemur di bawah terik Matahari mempunyai lebih banyak tahi lalat daripada yang ngumpet di rumah. Jumlah tahi lalat pada tiap orang bervariasi antara 10 – 40, meskipun ada juga yang sampai mempunyai 100-an tahi lalat. Kebanyakan tahi lalat muncul dari bayi lahir hingga usia 20 tahun, tetapi ada juga yang muncul selama proses perkembangan janin. 

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, yang utama adalah keturunan dan tahi lalat bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Sering kita jumpai seorang ibu yang memiliki banyak tahi lalat pada wajahnya, juga memiliki anak dengan tahi lalat yang sama. Ini merupakan bawaan gen dan susah untuk dihindari.

Selain itu, penyebab tahi lalat juga bisa muncul karena ketahanan tubuh, faktor ras ataupun suku bangsa, serta warna kulit. Faktor-faktor diatas merupakan faktor internal, sementara faktor eksternalnya bisa berasal dari pengaruh sinar ultraviolet yang berlebihan pada kulit, polusi udara serta air di sekitar lingkungan hidup, pengaruh dari makanan yang dikonsumsi dan kemungkinan makanan itu tidak sehat.

Nah, apakah tahi lalat itu berbahaya?
Pada umumnya, tahi lalat itu sama sekali tidak berbahaya karena hanya berupa penumpukan pigmen. Namun jangan terlalu bersenang hati dulu, waspadalah jika tahi lalat Anda mengalami perubahan mencolok. Misalnya tahi lalatnya berubah secara struktur, yaitu dengan perubahan warna, ukuran ataupun gejala lain yang menyertainya. Tahi lalat bisa menjadi kanker kulit yang ganas bila disertai dengan rasa gatal ataupun nyeri, ada perubahan warna mencolok, bisa menjadi lebih gelap, lebih pucat ataupun lebih terang. Selain itu tahi lalat yang membesar tidak normal juga berbahaya, melebar tidak beraturan, permukaannya sudah tidak rata lagi, gampang berdarah serta menjadi luka ataupun koreng yang susah sekali sembuhnya.

Jadi, jika tahi lalat keturunan (anak) atau Anda berubah demikian, maka itu sudah bukan tahi lalat yang normal. Anda perlu mengunjungi dokter secepatnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun demi pencegahan, hendaknya kita melakukan perawatan kulit yang baik serta teratur untuk mengurangi dampak sinar ultraviolet yang juga bisa menyebabkan tahi lalat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar