ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Minggu, 08 Juli 2012

Penyakit akibat Sering Bermain Komputer

Pernah sakit mata saat liat monitor terus-terusan? Atau pernah pegal-pegal di daerah pergelangan tangan karena terlalu sering mengetik? Semuanya karena Anda tidak memiliki perangkat yang ergonomis. Ergonomis bertujuan untuk terpenuhinya kesehatan, kenyamanan, dan produktivitas. Ergonomis erat hubungannya dengan desain dan juga kemudahan dalam penggunaan.



Berbagai perangkat didesain sedemikian ergonomisnya untuk fungsi kenyamanan tersebut. Perangkat ergonomis memiliki peranan yang vital karena kita cenderung akan menggunakan komputer dalam jangka waktu yang relatif lama. Tanpa kenyamanan maka tidak jarang hal ini memberikan gangguan tersendiri, bahkan jika berlangsung dalam jangka waktu relatif lama akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius, misalnya:
  • Computer Vision Syndrome adalah kondisi sementara yang dihasilkan dari mata yang fokus pada layar monitor komputer dalam waktu yang lama dan tidak berhenti. Beberapa gejalanya adalah pandangan mata yang kabur, ketegangan pada mata, kering, iritasi, dan mata yang sulit untuk fokus kembali. Selain pada mata, juga pada nyeri leher dan tulang punggung serta keluhan sakit kepala. Untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan latihan pada pergelangan tangan, leher, bahu, lengan, jari, dan tangan. Lakukanlah selama kurang lebih lima menit.
  • Carpal Tunnel Syndrome adalah suatu kondisi medis dimana saraf median dikompresi di pergelangan tangan menuju parestesi. Gejala yang timbul seperti sakit di pergelangan tangan, mati rasa pada tangan ataupun kesemutan dari jari. Untuk menghindarinya, dapat dilakukan dengan latihan sederhana seperti latihan untuk pergelangan tangan, leher, bahu, lengan, jari, dan tangan cukup selama 5 menit.
  • Repetitive Strain Injury adalah cedera dari sistem muskuloskeletal dan saraf, yang mungkin disebabkan oleh tugas yang berulang. Gejalanya seperti rasa sakit yang konstan di tangan, siku, bahu, leher, dan punggung. Gejala lainnya adalah seperti kram, kesemutan, dan mati rasa pada tangan. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda menghindari stres berulang, menggunakan peralatan yang ergonomis, dan istirahat.
  • Musculoskeletal Disorders adalah gangguan yang terjadi di otot rangka. Gejala yang timbul adalah seperti mati rasa/rasa terbakar pada tangan, berkurangnya kekuatan pegangan di tangan, kekakuan di sendi, sakit di pergelangan tangan, lengan, siku, leher yang disertai rasa tidak nyaman, sakit mata (kering/gatal), pandangan yang kabur, kesemutan, dan kram. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda istirahat dengan teratur (beberapa menit sekali dalam sejam), kerjaan disela dengan kerjaan yang tidak melibatkan komputer, melenturkan badan untuk membuat santai, gunakan peralatan yang nyaman seperti pijakan kaki dan juga pemegang dokumen jika diperlukan, hindari mencengkram mouse terlalu erat, biasakan menggunakan cara singkat di keyboard seperti CTRL+S untuk menyimpan atau CTRL+P untuk mencetak.
Di pasaran banyak yang menjual keyboard dan mouse dengan bentuk, ukuran, dan warna yang sangat bervariasi. Sebagai konsumen, kadang kita lupa untuk memikirkan tingkat kenyamanan saat membeli perangkat itu. Setelah membeli suatu produk, ternyata produk tersebut tidak nyaman dipakai bahkan terkadang sampai menyusahkan diri sendiri. Hal inilah yang disebut dengan ergonomis.

Hendaknya Anda gunakan perangkat yang nyaman, enak dipakai, dan lebih baik lagi apabila perangkat yang kita gunakan walaupun dalam jangka waktu lama, penggunaannya tidak akan membuat lelah. Apabila telapak tangan Anda besar, sebaiknya Anda tidak menggunakan mouse berukuran mini karena akan membuat tangan kita cepat lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar