ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Jumat, 06 Juli 2012

Pengenalan HTML

MATERI HTML
Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya Anda tahu apa itu HTML. HTML atau Hypertext Markup Language merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau document dari web server ke browser kita (Internet Explorer, Netscape Navigator, NeoPlanet, dll). Nah, HTML inilah yang memungkinkan Anda menjelajah internet dan melihat halaman web yang menarik.
Sekarang ini di pasaran terdapat banyak sekali HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web). Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage sekedar contohnya. Tetapi tanpa mengetahui dasar-dasarnya Anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Mengapa ? Karena walaupun software-software tersebut semakin menawarkan kemudahan dalam membuat halaman web, tetapi biasanya seseorang masih perlu untuk mengedit halaman web tersebut secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek.
Dalam tutorial ini Anda akan kami ajak untuk mengetahui dasar-dasar dari desain web. Yang dibutuhkan hanya sebuah word processor. Anda bisa menggunakan Notepad, WordPad, MS Word atau yang lainnya. Tapi yang paling mudah adalah menggunakan Notepad.
VERSI HTML
HTML sekarang sudah mencapai versi 4.0 (saat artikel ini ditulis). Sebelum digunakan, HTML harus diuji secara ketat oleh suatu badan yang bernama World Wide Web Concortium (W3C). Setiap penambahan/peningkatan versi, terdapat beberapa tambahan-tambahan tag dan fasilitas yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Tentunya versi yang telah dikeluarkan ini harus menjadi standar bagi browser. Bilamana browser ini tidak mendukung versi tertentu, maka browser tersebut tidak dapat menampilkan format HTML yang kita buat. Oleh karena itu, untuk melihat halaman web yang diformat dengan HTML versi baru, harus memiliki browseryang sudah mendukung versi HTML tersebut
VERSI - VERSI HTML
HTML 1.0
Ini adalah awal mula dari HTML (pendahulunya). Pada versi ini masih terlihat beberapa kelemahan dan masih sangat sederhana. Kemampuan yang dimiliki oleh versi 1.0 ini hanya terbatas pada heading, paragraf, hypertext, list dan setak tebal atau miring pada teks.
HTML 2.0
Versi ini telah ditambahkan kemampuan menyisipkan form didalamnya, sehingga kita dapat membuat halaman yang interaktif. Pengunjung dapat mengisi nama, alamat, email dan sebagainya.
HTML 3.0
Versi ini tidak bertahan lama karena kemudian disempurnakan oleh versi 3.2
HTML 3.2
Pada versi ini telah diperkenalkan teknik peletakan teks pada sekeliling gambar, latar belakang berupa gambar, cascading style sheet, tabel, frame dan lain sebagainya. Versi ini juga mendukung Javascript, VBScript dan lain sebagainya.


HTML 4.0
Versi terakhir ini yang resmi dirilis ini telah menunjukkan beberapa kelebihan-kelebihan dari versi sebelumnya. Perubahan-perubahan ini hampir mencakup semua tag-tag HTML sebelumnya. Di samping itu pada versi ini ditambahkan tag-tag baru seperti ABBR, ACRONYM, BUTTON, PARAM, BUTTON, TBODY, THEAD dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar