ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Kamis, 31 Mei 2012

Perbedaan Laptop dan Notebook

Perbedaan Laptop dan Notebook
Blogadexme | Perbedaan Laptop dan Notebook, apa sih beda antara laptop dan notebook? Ini adalah pertanyaan kecil yang sering di lontarkan dan membuat bingung. Laptop atau notebook sendiri sebenarnya adalah Varian dari Portable PC untuk menyebut Komputer yang dapat dibawa-bawa, seperti juga varian lain, Pocket PC.

Laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya diatas. Jadi saat pertama dibuat laptop memang ditujukan untuk penggunaan bergerak dan dapat di pangku. Berlawanan dengan istilah Desktop untuk penamaan PC yang selalu digunakan diatas Meja.

Secara teknis saat ini Laptop dan Notebook tidak memiliki perbedaan yang mendasar. Laptop adalah komputer Portabel yang cocok saat ditaruh diatas pangkuan. Sedangkan Notebook adalah komputer Jinjing yang secara keseluruhan lebih langsing dari laptop. Sebenarnya Laptop dan Notebook hanya sebuah penyebutan istilah Belaka.

Di Amerika istilah Laptop lebih dikenal dari Notebook. Juga penyebutan Laptop lebih Familiar di telinga orang Indonesia, Contohnya "Kembali ke Laptop" atau "Laptop si Unyil". Hanya saja seiring dengan waktu istilah Laptop memang dirasa kurang cocok karena saat ini penggunaannya lebih banyak diatas Meja.
Istilah Notebook yang berarti Buku yang dapat dilipat dirasa lebih Gagah di populerkan. Apalagi dengan munculnya beberapa kasus meledaknya Notebook akibat cacat Baterai atau suhu panas berlebih, sebuah resiko yang sulit dibayangkan jika Laptop di pangku, membuat penggunaan istilah Laptop jadi kurang cocok.

Meski demikian masih ada beberapa Produsen besar pembuat produk ini tetap menggunakan istilah Laptop. Toshiba di dalam situs resminya menyebut seluruh tipe produksi PC Portable dengan kata Laptop. Sementara Acer menamakannya dengan Notebook. Demikian juga dengan Fujitsu yang mengelompokkan produk Lifebook-nya dengan Notebook.

Sekian dulu Postingan Blogadexme mengenai Perbedaan Laptop dan Notebook. Somoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk sobat-sobat sekalian. Dan jika ada hal yang kurang di mengerti dan Ingin menambahi Istilah Laptop dan Notebook dapat menyampaikannya melalui komentar. Thanks!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar