ExitJangan Lupa Klik Like/Suka!

Jumat, 06 April 2012

Dampak Negatif Penggunaan Komputer

Dampak Negatif Penggunaan KomputerBlogadexme | Dampak Negatif Penggunaan Komputer, Sobat Blogger sekalian pasti sering dan bahkan sudah dekat dengan Komputer. Dimulai dari kegitan Blogging, Browsing, Bermain GameBermain Pes 2012 atau kegiatan lain yang berhubungan dengan Komputer. Maka dari situ sobat perlu mewaspadainya dan mengetahui apa saja Dampak Negatif Penggunaan Komputer. Mengapa begitu???

Langsung aja saya jawab, Karena beberapa Peneliti menulis bahwa beberapa orang yang menggunakan komputer lebih dari 2 Jam sehari rentan terkena Computer Vision Syndrome (CVS). Syndrome ini adalah Keluhan mata atau Pengelihatan akibat terlalu lama menggunakan Komputer.

Gejala orang yang terkena CVS adalah Iritasi yaitu Mata merah, Perih, Teras Kering, Berair, Mata terasa lelah serta kelopak mata terasa Berat. Penyebabnya adalah ketika mata kita jarang berkedip saat menggunakan komputer terlalu lama.

Pengaturan Cahaya yang kurang baik pada komputer adalah penyebab terjadinya CVS. Resolusi Layar juga dapat menyebabkan Hal ini dapat menjadi penyebab. Semakin Rendah Resolusi Layar Komputer maka akan dapat membuat mata terasa lelah dan malah sebaliknya Kalau Resolusi layar Komputer Tinggi akan dapat membuat mata terasa nyaman.
Dampak Negatif Penggunaan Komputer

Untuk mengurangi Resiko terkena CVS, Sebaiknya seseorang beristirahat selama 10-15 Menit setiap 1 Jam Sekali ketika Berhadapan dengan layar Komputer secara terus-menerus. Selanjutnya alihkan Pandangan dari Monitor/Layar setiap 15 Menit dengan melihat Objek atau pandangan Yang jauh kira-kira 1 menit. Dengan begitu, mata dan pikiran diberi kesempatan rileks sejenak dan Siap kembali digunakan setelah beristirahat.

Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah Software bernama 'Health Alarm Clock' yang merupakan Software yang berfungsi untuk Pengingat (Alarm) beberapa waktu yang telah seseorang habiskan de depan layar Komputer. Software ini bersifat Gratis (Freeware) dan Bisa sobat Download Di Sini [ http://artdocks.com/ ]. Software ini hanya berukuran 1, 85 MB, dan Hanya bisa di jalankan Di OS Windows.

Setelah selesai di Download lalu Install pada Komputer Sobat. Software ini secara otomatis akan berjalan. Selanjutnya, sobat isi Interval waktu dimana Alarm akan berbunyi. Misal, Interval di isi 4:30 Maka Alarm secara otomatis akan berbunyi tiap 30 Menit untuk 4 Jam ke depan. Besar Interval bisa di ubah tergantung kebutuhan kita. Sehingga ketika Alarm Berbunyi, saya sarankan untuk Beristirahat sejenak dari kegitan sobat.

Software ini juga dapat menghitung waktu berapa lama komputer sobat telah terpakai. Serta Software ini juga telah menyediakan Level kesehatan serta resiko Kesehatan yang akan di hadapi. Level kesehatan dengan Indikator warna Hijau, Kuning dan Merah. Level ini tergantung pada lama penggunaan Komputer. Ketika Alarm menunjukkan level maka akan diikuti Efek Kesehatan yang menyertainya. Misal, Level Kuning maka Efek kesehatan adalah Bahaya terkena CVS.

Sekian dulu Info dari Blogadexme mengenai Dampak Negatif Penggunaan Komputer Semoga Artikel ini dapat menjadi Acuhan untuk sobat sekalian untuk tetap menjaga kesehatan walau sering di hadapkan dengan sebuah Komputer. Atas segala Perhatiannya saya ucapkan Banyak Terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar